Feature Top (Full Width)

Selamat Datang Di Blog Kiki Ali ( kikiali.blogspot.com), Mari Berbagi Dan Saling Mencari Tahu, Berikan Saran dengan Berkomentar, Dan Jangan Lupa Datang Kembali. _____________________________________________________________________________________________________________ DI SHARE JUGA BOLEH _________________________________________________________________________________________________________________________________________ Berikan saran dan tanggapan melalui komentar-________________________________________________________________________________________________________________________

Minggu, 16 November 2014

Geomorfologi

Batuan yang lapuk
Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari bentang alam atau bentuk-bentuk roman muka bumi yang terjadi karena adanya kekuatan-kekuatan yang bekerja dari luar dan dalam bumi. Uraian bentang alam suatu daerah biasanya berupa asal-usul betang alam, faktor-faktor yang mempengaruhi perkebangannya, pengaruh iklim terhadap perkembangan tersebut, proses eksogen yang bekerja dan tingkat perkembangannya.
Proses Geomorfik Adalah semua perubahan fisika dan kimia yang memberikan efek bervariai pada bentuk roman muka bumi. Proses geomorfik dibedakan menjadi :

1. Proses eksogenik, 
Proses eksogenik adalahproses yang bekerja pada permukaan bumi dan mempengaruhi bentuk bentangalam yang terjadi. Proses ini dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Agradasi, proses pembentukan bentuk-bentuk positif atau pengendapan.
  • Degradasi, proses pembentukan bentuk negative atau merendahkan permukaan tanah. Proses degradasi terdiri dari 3 proses utama, yaitu : pelapukan, erosi dan gerakan tanah. proses eksogenik yang bekerja di permukaan bumi dikerjakan oleh agen geomorfik, yaitu media alam yang mengerjakan dan mengangkut material pada permukaan bumi. Agen geomorfik terdiri dari : angin, air, dan es.
2. Proses endogenik, proses dari dalam bumi terdiri dari :

  • Diastropisme, proses deformasi besar-basaran dari dalam bumi. Proses ini dibedakan menjadi :1) Epirogenetik, yaitu pengangkatan dan penurunan kontinen atau subkontinen.2) Orogenetik, yaitu proses pembentukan pegunungan.
  • Volkanisme, proses naik dan munculnya magma di permukaan bumi.Bentangalam yang dapat terbentuk oleh proses-proses endogenik antara lan :1) Pegunungan lipatan (Folded mountain), yaitu pegunungan yang terbentuk karena struktur lipatan.2) Pegungan blok atau patahan (Block mountain), yaitu pegunungan yang terbentuk karena sesar turun yang banyak.3) Gunung api, merupakan gunung yang terbentuk karena aktivitas volkanisme.

3.  Proses ekstraterestrial, proses yang berasal dari angkasa luar, misalnya jatuhnya meteorit di muka bumi. Bentangalam yang terbentuk oleh ekstraterestrial adalah kawah meteorit, yang terbentuk karena meteorit jatuh di permukaan bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

home