Feature Top (Full Width)

Selamat Datang Di Blog Kiki Ali ( kikiali.blogspot.com), Mari Berbagi Dan Saling Mencari Tahu, Berikan Saran dengan Berkomentar, Dan Jangan Lupa Datang Kembali. _____________________________________________________________________________________________________________ DI SHARE JUGA BOLEH _________________________________________________________________________________________________________________________________________ Berikan saran dan tanggapan melalui komentar-________________________________________________________________________________________________________________________

Minggu, 16 November 2014

Pelapukan

Batu yang mengalami pelapukan
Pelapukan adalah proses yang menyebabkan batuan pecah dan mengalami perubahankomposisi oleh kegiatan agen-agen asal luar seperti angin, hujan, perubahan suhu, tumbuhan, dan bakteri. 
Gambar disamping adalah contoh batuan yang mengalami pelapukan. Pelapukan secara garis besar dibedakan menjadi dua jenis yaitu :


  1. Pelapukan fisik atau mekanik atau disintegrasi, yaitu perubahan pada batuan yang menyebabkan perubahan volume atau ukuran tanpa merubah komposisinya.
  2. Pelapukan kimia atau dekomposisi, yaitu perubahan pada batuan yang menyebabakan perubahan komposisi kimia batuan. Penyebab yang utama adalah air hujan.

Hasil pelapukan batuan adalah tanah atau soil. Bentuk-bentuk hasil pelapukan misalnya exfoliation dome (kubah pengelupasan), yaitu bentuk kubah yang terjadi karena pelapukan fisik yang mengelupas. Pelapukan membelah adalah salah satu bentuk pelapukan mengelupas dengan bentuk yang hamper seperti bola, berjalan bertahap ke dalam membentuk lapisan tipis (mengulit bawang) dengan inti yang bulat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

home