Feature Top (Full Width)

Selamat Datang Di Blog Kiki Ali ( kikiali.blogspot.com), Mari Berbagi Dan Saling Mencari Tahu, Berikan Saran dengan Berkomentar, Dan Jangan Lupa Datang Kembali. _____________________________________________________________________________________________________________ DI SHARE JUGA BOLEH _________________________________________________________________________________________________________________________________________ Berikan saran dan tanggapan melalui komentar-________________________________________________________________________________________________________________________

Rabu, 25 Juli 2012

Membuat Nasi Goreng Menggunakan Rice Cooker

Ilustrasi nasi goreng



Awalnya masih ragu dan tak percaya, bukankah rice cooker atau yang biasa disebut penanak nasi gunanya untuk memasak nasi atau mengubah beras dengan diberi air menjadi nasi?? Pertanyaan itu yang selalu terngiang ditelingaku ketika aku mengingat hasil googlinganku beberapa bulan yang lalu yang memang begitu iseng.



Tetapi pikir dan dipikir ternyata ada kemungkinan aku terima secara akal. Ya ! Beberapa saat yang lalu aku juga memasak mie instan dengan rice cooker, tetapi itu hampir sama prosesnya dengan memasak nasi. 

Dan saya akhirnya bengong berpikir ulang dengan khayalan  pemikiranku dan hasilnya jeng jeng jeng dung jeng yap! memang bisa sih , kan sama saja dengan membuat nasi goreng dengan wajan alias kompor. Tujuannya kompor kan memanaskan wajan dan bisa menggoreng nasi, begitu juga rice cooker yang terdapat panci yang panas. Panasnya panci akibat dari dipanasknannya menggunakan listrik. 

Tetapi .... kalau belum mencoba pasti masih belum yakin. Kita mulai pengalamanku membuat nasi goreng dengan panci rice cooker.



Mungkin kali ini aku hanya membuat nasi goreng ala kadarnya, namanya juga iseng dan mencoba, sewaktu itu bahan yang aku pakai atau yang aku siapkan ada :




  • Nasi pastinya
Yap ! Nasi putih bukan nasi hitam, hehehe. Nasi putih yang sudah masak, semakin pulen akan semakin bagus hasulnya. Jangan yang blenyek saran saya. Apa itu blenyek? yaitu nasi yang terlalu lembek



  • Bumbu Nasi Goreng
Ada bawang merah, bawang putih, cabai dan lain-lain. Bumbu yang seperti biasalah ! Tak ada bedanya dengan nasi goreng wajan yang dimasak dengan kompor. Berhubung saya anak kost, saya akhirnya berbuat praktis. Praktis dengan membeli bumbu nasi goreng kemasan, lebih simpel. Bumbu tersebut aku beli di warung sebelah rumahku, murah kok. 



  • Mentega
Ya! Mentega ini yang akan digunakan untuk pengganti minyak goreng. Bisa juga memakai minyak goreng



  • Kerupuk
Buat teman makan, namanya juga anak kost yang pengiritan

Kayaknya cuma itu deh, tetapi kalau ada tambahan bisa kok ditambahin, asal jangan yang aneh-aneh ya 😆 Ayo kita ke TKP!



Tempat kejadian pemasakan ! hehehe hehehe. Siap kan rice cookernya ya... yang sudah dicolok tentunya  atau telah tersambung dengan arus listrik.

 1. Masukkan mentega secukupnya di awal, lalu tutup rice cooker. Jangan lupa dalam pastikan posisi rice cooker adalah COOK. Kalau posisinya warm, aku belum pernah mencoba. Mungkin bisa juga kamu coba, tapi pasti lebih lama. Hehehe



2.Setelah itu tunggu sampai panas. Jika kamu ingin melihat, lihat dengan cara membuka rice cookernya. Nanti mentega akan seperti air, ya menteganya sudah mencair !



3. Setelah itu masukkan nasi secukupnya beserta dengan bumbu Nasi Gorengnya. Lalu aduk-aduk hingga rata, agar bumbu dapat tersebar dengan baik dan rasanya rata.



4. Tutup rice cooker dan tunggu beberapa saat. Tunggu sekitar 4-7 menit, tergantung banyak nasi yang kamu masukkan. Jangan lupa lampu rice cooker tetap cook.



5. Setelah beberapa saat buka rice cooker dan nasi goreng sudah jadi. Jeng jeng! Bisa kamu tambahkan kerupuk atau ayam goreng atau sosis atau apapun sesuai selera kamu.



Seperti itulah cara membuat nasi goreng menggunakan rice cooker. Aku melakukannya berdasarkan pengalaman. Maaf terkesan amatir, karena masih mencoba dan masih muda 😉. Jika ingin mencari cara lain juga bisa, mungkin bisa googling , jangan lupa bagi-bagi tipsnya ya lewat komentar. 



Salam.    

10 komentar:

  1. hahahah Amazing, aku belum pernah nyoba kalau buat nasi goreng pake rice cooker, tapi kalau masak mie and sayur, yang berkuah trus agar2 pernah. (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe terimakasih....
      dicoba saja mbak ratih,
      saya juga awalnya coba-coba. Memang tidak biasa tapi enak juga. :-)
      selamat mencoba ya...

      Hapus
  2. aku juga udah pernah coba.. karna dkosn gag ada dapur..
    masak dikamar alhasil kamarku bau bawang ama mentega.. huhuhu..
    nasip anak kost. tp hasilnya lumayan kokk,kaiag masak d kompor.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. HEHE iya mbak anis ria..
      nasib anak kost yang harus melakukan kegiatan masak dan belajar sampai tidur dalam satu ruangan .
      bagaimana kita menyiasatinya saja.
      terima kasih sudah komentar semoga bermanfaat
      kalau ada tips tambahan bikin nasi gorengnya boleh di tambahin nieh.. buat ana jadikan refrensi
      salam

      Hapus
  3. yumi makanan favorit kalau itu mah, apalagi kalau kita tau ternyta air beras manfaat banget buat kecantikan

    BalasHapus
  4. KAk apa nggak lengket di rice cookernya? terimakasih

    BalasHapus

home