Feature Top (Full Width)

Selamat Datang Di Blog Kiki Ali ( kikiali.blogspot.com), Mari Berbagi Dan Saling Mencari Tahu, Berikan Saran dengan Berkomentar, Dan Jangan Lupa Datang Kembali. _____________________________________________________________________________________________________________ DI SHARE JUGA BOLEH _________________________________________________________________________________________________________________________________________ Berikan saran dan tanggapan melalui komentar-________________________________________________________________________________________________________________________

Selasa, 22 April 2014

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Logo
Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Kali ini Kikiali akan mengulas mengenai kampus Institut Sains & Teknologi AKPRIND atau disingkat IST AKPRIND. Kampus ini merupakan salah perguruan tinggi swasta yang terletak di kota Yogyakarta. IST AKPRIND berada di bawah Yayasan Pembina Potensi Pembangunan. IST AKPRIND didirikan pada awalnya sebagai Akademi Perindustrian dan Akademi Teknologi Industri dengan SK Yayasan pada tanggal pada 7 Mei 1970 kemudian pada tanggal 7 Mei 1986 berubah menjadi Institut Teknologi AKPRIND.

Pada tanggal 12 Mei 1987 berubah menjadi 'Institut Sains & Teknologi AKPRIND' sampai sekarang. Kepanjangan dari AKPRIND adalah Amanat Keluarga Pejuang Republik Indonesia. Kampus ini memiliki motto JNANADHARMA yang memiliki arti ilmu pengetahuan dan teknologi untuk diabdikan kepada, nusa, bangsa, dan negara. Istilah orientasi mahasiswa baru di kampus ini adalah SASIDIWA yang memiliki kepanjangan Masa Orientasi Studi Mahasiswa.
akprind, sasidiwa, ospek
Salah Satu Kegiatan dalam SASIDIWA
Lokasi Kampus dan Asrama

IST AKPRIND memiliki kampus yang tersebar di 3 tempat yang tidak berjauhan dan tersedia asrama bagi mahasiswi IST AKPRIND Yogyakarta

Kampus Balapan (Kampus I)
Jln. Kalisahak No. 28, Komp. Balapan Tromol Pos 45, Yogyakarta 55222 Telpon: 0274-563029 Fax: 0274-563487
Kampus 1
Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Di kampus 1 atau kampus pusat ini, kegiatan perkuliahan paling banyak dilakukan dikampus ini. Kegiatan administrasi kampus berpusat di kampus ini, mulai dari loket pembayaran, bank, pengambilan kartu ujian, pendaftaran mahasiswa baru, ataupun kegiatan lainnya. Di kampus inilah lokasi beroperasinya penyiaran radio ISTAKALISA 96.20. Terdapat fasilitas umum seperti bank, ATM, Warung Internet, dan sebagainya.

Aktifitas kemahasiswaan dipusatkan dikampus ini, terbukti dengan hampir seluruh ruang/sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa di Lingkungan IST AKPRIND berasa di kampus ini.

Kampus Kotabaru (Kampus II) atau lebih dikenal dengan Laboratorium Pusat
Jln. I Dewa Nyoman Oka No. 32, Kotabaru, Yogyakarta 
Kampus 2
Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Kampus Kota Baru atau kampus II atau lebih dikenal dengan Laboratorium Pusat. Di kampus ini untuk aktifitas praktikum, dimana dikampus ini menjadi lokasi beradanya laboratorium dari hampir seluruh jurusan yang ada di IST AKPRIND. Walaupun ada beberapa laboratorium di kampus 1 dan kampus 3, laboratorium tersebut paling banyak berada disini. Lokasi kampus ini berada disamping Balai Bahasa Yogyakarta. Di kampus ini sangat minim aktifitas kemahasiswaan diluar kegiatan praktikum, karena aktifitas kemahasiswaan dipusatkan di kampus 1 dan kampus 3.

Kampus Pengok atau Kampus III
Alamat: Jln. Bima Sakti No. 3, Pengok, Yogyakarta

Kampus 3
Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta



Terdepat laboratorium, ruang kuliah, ruang gambar, Bank Sampah Syariah dan bagian administrasi. Dikampus ini terdapat Bank Sampah Syariah yang terbuka terhadap masyarakat umum. Bank Sampah Syariah ini menerima layanan pembukaan rekening sampah dan tabungan sampah yang kemudian dapat dicarikan dananya pada jangka waktu tertentu. Bank sampah ini memiliki layanan jemput sampah.

ASRAMA IST AKPRIND
Asrama AKPRIND, akprind jogja
Asrama IST AKPRIND
IST AKPRIND menyediakan asrama untuk mahasiswi IST AKPRIND yang mengalami kendala dalam kesulitan mencari tempat tinggal. Asrama IST AKPRIND berjarak kurang lebih 700 meter dari kampus 3. Dengan  biaya terjangkau dan fasilitas yang memadai dan penjagaan, membuat asrama ini nyaman untuk digunakan. Terlebih dekat dengan dengan fasilitas-fasilitas umum seperti tempat beribadah, bank, atm, tempat berbelanja segala kebutuhan, dan sebagainya.


Fakultas dan Jurusan
Saat ini Institut Sains & Teknologi AKPRIND memiliki 3 fakultas dan terdiri dari 9 jurusan dengan program sarjana dan diploma III. Ketiga fakultas tersebut antara lain:
  1. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
    1. Teknik Kimia, program Sarjana
    2. Teknik Elektro, program Sarjana dan Diploma III
    3. Teknik Industri, program Sarjana dan Diploma III
    4. Teknik Mesin, program Sarjana dan Diploma III
    5. Teknik Informatika, program Sarjana dan Diploma III
  2. Fakultas Sains Terapan (FST)
    1. Statistika, program Sarjana
    2. Ilmu Komputer, program Sarjana
    3. Teknik Lingkungan, program Sarjana
  3. Fakultas Teknologi Mineral (FTM)
    1. Teknik Geologi, program Sarjana

    Mengenai akreditasi, kampus ini telah terakreditasi institusi B dan seluruh program studi telah terakreditasi B. Kampus ini menduduki ranking ke 63 dari 3320 perguruan tinggi negeri ataupun swasta di Indonesia. Ranking tersebut berdasarkan ranking yang diberikan oleh Menristek.
Informasi pendaftaran dan info lengkap lainnya, serta prestasi yang belum lama diraih sampai beasiswa dapat  dilihat di www.akprind.ac.id . Adapun untuk beasiswa, disediakan beasiswa sampai lulus sarjana/diploma, bidikmisi, mahasiswa berprestasi, mahasiswa kurang mampu dari segi finansial, dan sebagainya.

Sekian informasi dari kikiali tentang seputar kampus IST AKPIRIND Yogyakarta..

Ada pertanyaan atau diskusi, dapat melalui komentar. Atau jika ingin lebih dekat, bisa melalui bilah Komunikasi Lanjut di blog ini. Jangan ragu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

home