Feature Top (Full Width)

Selamat Datang Di Blog Kiki Ali ( kikiali.blogspot.com), Mari Berbagi Dan Saling Mencari Tahu, Berikan Saran dengan Berkomentar, Dan Jangan Lupa Datang Kembali. _____________________________________________________________________________________________________________ DI SHARE JUGA BOLEH _________________________________________________________________________________________________________________________________________ Berikan saran dan tanggapan melalui komentar-________________________________________________________________________________________________________________________

Jumat, 25 April 2014

Tips Memilih Tempat Kuliah dan Jurusan


Membaca Buku
Kali ini kikiali akan membagikan tips dalam memilih tempat kuliah dan jurusan. Tidak jarang calon mahasiswa baru galau dalam pemilihan tempat kuliah dan jurusan yang akan diambil.
Padahal pemilihan tempat dan jurusan akan menentukan masa depan, jangan sampai salah memilih dan akhirnya gagal dalam menimba ilmu.

Langsung saja disimak tips memilih tempat kuliah versi kikiali sebagai berikut :
1. Mengenali minat dan kemampuan

Setiap individu memiliki minat  atau kesukaan pada suatu jurusan yang berbeda-beda, ada yang menyukai dunia kesehatan, teknik, sosial, seni dan sebagainya. Tentunya ini menjadi acuan dalam pemilihan jurusan untuk kuliah agar ketika dalam menuntut ilmu, setiap individu merasa cocok dengan jurusannya dan tidak terpaksa dalam pelaksanaannya. Jangan lupa mengukur sejauh mana kemampuan dalam mengambil jurusan tersebut, bagaimanapun kemampuan yang dimiliki menentukan hasil akhir nanti.Jika pada saat ini mengukur kemampuan dapat dilihat dari simulasi tes masuk perguruan tinggi, apakah mampu atau tidak, jangan sampai kecewa terlebih dahulu. Tidak jarang setiap jurusan membuat persyaratan khusus bagi peminatnya.

2. Menentukan jenjang pendidikan

Ada jenjang pendidikan Sarjana dan Diploma, jika ingin cepat bekerja lebih baik memilih jenjang pendidikan diploma yang memiliki waktu studi yang lebih pendek dari Sarjana, tetapi jika ingin menimba ilmu lebih banyak dan ingin melanjutkan di jenjang master dan doktoral lebih baik memilih Sarjana. Perlu diketahui jenjang pendidikan akan mempengaruhi juga posisi dalam bekerja nantinya.

3. Menentukan lokasi kuliah dan perhitungan biayanya

Menentukan lokasi kuliah untuk menimba ilmu harus sangat diperhatikan. Apakah yang diluar kota atau dalam kota atau bahkan luar negeri. Jangan lupa memilih yang aksesnya lebih mudah dan tidak menyulitkan disamping ketersedian jurusan. Jika ada yang dekat mengapa pilih yang jauh? Setelah itu menentukan biaya, apakah biaya yang dimiliki cukup atau tidak untuk membayar uang kuliah, tempat tinggal dan kebutuhan sehari-hari jika diluar kota dan kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang perkuliahan atau studi. Ini harus diperhatikan agar proses menimba ilmu dapat berjalan lancar. 

Tetapi tidak sedikit teman-teman yang tidak berkecukupan mampu berkuliah yang ditempat membutuhkan biaya yang lebih besar dari kemampuan yang ia miliki. Jika memiliki permasalahan dalam biaya, dapat juga mendaftarkan beasiswa dari pemerintah seperti Bidikmisi, bantuan belajar, dan banyak lagi, atau dari pihak swasta yang memberikan beasiswa, atau dari kampus tempat yang akan dituju.

4. Mengenali perguruan tinggi dan jurusan

Ini adalah hal yang sangat penting. Dengan mengenali calon kampus dan jurusan akan diketahui kualitas dan prospek dari kampus dan jurusan tersebut. Jangan sampai salah memilih. Ini juga akan berpengaruh dalam dunia kerja walaupun penilaian secara keseluruhan kembali pada setiap individu. Jangan lupa mengenali seputar fasilitas, kemampuan lulusan, prospek, tenaga pengajar dan sebagainya. Atau dengan melihat akreditasi yang dimiliki oleh kampus dan jurusan. Dengan bertanya kepada orang yang berpengalaman akan bisa mendapatkan pertimbangan yang baik seputar penilaian kampus.

Sekian tips dari kikiali, semoga teman-teman dapat memilih perguruan tinggi dan jurusan yang sesuai dan baik sehingga akan membantu dalam proses menuntut ilmu. Jangan sampai apa yang dipilih membuat gagal pada masa nanti.

Semangat menuntut ilmu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

home